Halaman

Rabu, 04 April 2012

Pesta Rakyat Tidore Digelar Akhir Maret

Metrotvnews.com, Jakarta: "Ayo Ramai-Ramai ke Tidore!" demikian tertulis pada sebuah banner di salah satu sudut Museum Nasional, Jakarta Pusat. Di sisi lain, terhampar ratusan foto tentang sejarah dan berbagai objek wisata di kota yang pernah berjaya dengan rempah-rempahnya tersebut.

Ya, Pemerintah Kota Tidore bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memang tengah menggelar Pameran Foto Sejarah dan Objek Wisata Tidore di museum. Pameran itu menjadi pembuka pesta rakyat yang digelar 31 Maret hingga 12 April mendatang.

Ditemui di Tidore, pekan lalu, Kepala Dinas Pariwisata Asrul Sani Soleiman mengatakan, pesta rakyat dinamai dengan Festival Tidore. Acara itu bertepatan dengan hari jadi ke-904 Kota Tidore, sekaligus menyambut even internasional Sail Morotai 2012 pada September mendatang.

Sementara Direktur Promosi Dalam Negeri Kemenparekraf, M. Faried, dalam jumpa persnya Kamis lalu mengatakan, Festival Tidore bertujuan melestarikan kebudayaan dan kesenian daerah tersebut agar tidak tergerus kemajuan jaman.

"Karena Tidore dikaruniai Tuhan dengan pesona alam yang indah, kuliner yang lezat , serta atraksi budaya yang menarik," kata Faried.

Kepala Bidang Pengembangan Wisata Dinas Pariwisata Kota Tidore Kepulauan Nurmina Saleh menambahkan, Festival Tidore diramaikan dengan atraksi kesenian, karnaval budaya, tarian daerah, sampai lomba kuliner. Pihaknya juga mengupayakan untuk menyediakan berbagai kerajinan khas kota tersebut.

Selain festival, Tidore menawarkan sejumlah pesona alam kepada para pengunjungnya. Kita bisa menginjakkan kaki di Pulau Maitara, pulau yang diabadikan dalam pecahan uang seribu rupiah, dan Pulau Mare yang terkenal sebagai tempat beristirahat lumba-lumba. Ditambah lagi berbagai benteng peninggalan bangsa asing.

Setelah puas berwisata ke pulau-pulau, kita juga bisa bermain-main ke Desa Gurabunga di kaki gunung Kie Matubu. Di sana siapapun bisa takjub dengan Kebersihan sekaligus kesejukan dan ketenangan yang susah didapat di kota-kota besar. Desa ini juga dipenuhi bunga-bunga warna-warni menyedapkan mata.

Tidore adalah salah satu pulau di gugusan Kepulauan Maluku Utara. Letaknya berada di sebelah barat Pulau Halmahera. Selama di perjalanan, Anda akan disergap pemandangan laut biru, hamparan belantara, dan gunung-gunung membentuk dinding alami.

Tidak sulit mengunjungi Tidore. Para wisatawan bisa naik pesawat komersil tujuan Ternate. Setelah itu menuju Pelabuhan Bastiong, dan naik kapal cepat (Rp8.000 per orang) ke Pelabuhan Rum, Tidore. Hanya 10 menit, Anda sudah menginjakkan kaki di kota yang akan memberi pengalaman tak terlupakan.(IKA)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar