Halaman

Rabu, 04 April 2012

Menparekraf : Papua Pikat Pasar Eropa

JAKARTA - Stan Papua merupakan yang teramai dari sembilan stan pemerintah daerah (pemda) yang tampil di Trade Show Internationale Tourism Borses (ITB) 2012 di Berlin, Jerman. Itu disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari Elka Pangestu pada hari kedua kunjunganya membawa delegasi di even tersebut.

"Yang punya booth sendiri itu hanya Bali dan Papua. Yang lainnya gabung dengan kami (Kemenparekraf). Keeksotikan Papua membuat booth-nya sangat ramai dikunjungi pengunjung," terang Mari dari Berlin saat melakukan teleconference dengan wartawan di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Jumat (9/3).

Sedangkan Bali bukan hal yang baru kalau ramai. Sebab, selain namanya sudah mendunia, surga wisata yang ada di Indonesia itu masih menjadi primadona wisatawan Eropa yang ingin berkunjung ke Indonesia.

Sementara Papua dianggap cukup eksotik, selain Raja Ampat, mereka juga melihat banyak tempat yang menarik. "Papua memamerkan banyak hal di sini. Seperti benda-benda artifaknya. Papua mendapatkan dukungan yang banyak di sini. Kebetulan ada orang Jerman yang mempunyai resort di (Papua) dan banyak mendukung di acara ini," jelasnya.

Selain Bali dan Papua, Mari menyebutkan, pemda-pemda yang lain seperti Jawa Tengah dan Jogjakarta, juga mendapat perhatian dari pengunjung. Mari berharap tahun depan, Indonesia bisa tampil sebagai satu keseluruhan.

Walaupun nanti ada pemda-pemda di dalamnya dengan stan-stannya mereka sendiri.  "Kami ingin Indonesia bisa tampil sebagai Indonesia in Corporate," singkatnya. Mari juga mengatakan, berkaca dari ITB Berlin kali ini,  tahun depan Indonesia bisa lebih integrated. (nel)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar