Halaman

Rabu, 04 April 2012

Giliketapang, Bidadari yang Menanti Sentuhan


Rabu, 4 April 2012
Arsip Berita Cari
Giliketapang, Bidadari yang Menanti Sentuhan
Rabu, 04/04/2012 | 09:37 WIB
SP/Ikhsan Mahmudi
IKAN merupakan potensi utama Pulau Giliketapang, Kabupaten Probolinggo.
PROBOLINGGO - Terkait proyek listrik via kabel bawah laut, Pemkab Probolinggo telah menyiapkan tata ruang bagi Pulau Giliketapang. Pulau seluas 58 hektare itu memang dikhususkan untuk permukiman, ditambah usaha kecil pengolahan ikan, dan pariwisata.
                “Dilihat dari jumlah penduduknya yang mencapai 9.120 jiwa atau setara 2.510 kepala keluarga (KK), Pulau Giliketapang didominasi permukiman. Penataan permukiman itulah yang diutamakan,” ujar Kepala Bappeda Kabupaten Probolinggo, Dewi Korina, Rabu (4/4) pagi tadi.
                  Untuk ukuran desa, kata Dewi, Giliketapang tercatat sebagai desa paling padat penduduknya di Jatim. Dengan luas tanah 580.000 meter persegi (58 hektare), rata-rata setiap KK di Giliketapang mendiami sekitar 200 meter persegi tanah. Sebenarnya rata-rata riilnya ini lebih kecil karena masih dikurangi areal pantai (hamparan pasir), pemakaman, dan jalan.
                Mantan Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) ini menambahkan, masalah sanitasi menjadi masalah serius yang harus dibenahi di pulau yang 90% penduduknya nelayan itu. Dicontohkan, bukan perkara mudah menangani sistem drainase dan pembuangan sampah domestik (sampah rumah tangga) di pulau karang itu.
                Berdasarkan pengamatan, pantai sekeliling pulau yang berjarak sekitar 3 mil laut dari pelabuhan Tanjung Tembaga, Kota Probolinggo itu tampak kumuh. Selain dedaunan, serpihan kayu, sampah plastik berserakan di pantai Giliketapang.
                “Bahkan pernah setelah banjir lahar dingin dari Gunung Bromo, sampah berupa ranting dan dahan pohon teronggok di perairan laut antara Probolinggo-Giliketapang,” ujar Sumari, warga Giliketapang.
                Selain permukiman, perlu penataan terkait industri kecil pengolahan hasil laut (ikan) di Giliketapang. “Soalnya perikanan tangkap menjadi gantungan hidup warga Giliketapang,” ujar Dewi.
                Pulau Giliketapang juga menyisakan wisata bahari dan spiritual. Ujung pulau di sisi barat yang berbentuk ekor kecebong menawarkan pantai landai dengan pasir putihnya.
Sementara di ujung timur menawarkan wisata ziarah (spiritual) dengan Gua Kucing-nya. Giliketapang juga menawarkan wisata petualangan seperti menyelam dan memancing.
                Soal perlunya pengembangan Giliketapang dari sisi perikanan dibenarkan Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan (DPK), Deddy Isfandi. “Giliketapang dengan sekitar 3.000 nelayan menghasilkan 3-4 ton ikan per hari,” ujarnya.
                Selain gudang pendinginan (cold storage), industri pengepakan ikan diperlukan di Giliketapang. ”Ikan kering jenis jenggelek dari Giliketapang kualitasnya paling bagus karena dijemur di terik matahari, perlu packing yang baik sebelum dipasarkan,” ujar alumni S-2 ITS Surabaya itu.
                Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar), Tutug Edi Utomo berterus terang, Giliketapang memang belum secara resmi ditawarkan ke wisatawan. “Jujur kami katakan, kami belum tahu berapa banyak wisatawan ke Giliketapang,” ujarnya.
                Dikatakan Giliketapang masih kalah populer dibandingkan objek wisata bahari seperti Pantai Bentar. Apalagi dibandingkan dengan Gunung Bromo, yang sudah diakui dunia. “Kelak dengan adanya listrik, potensi wisata Giliketapang bisa dikembangkan,” ujar Tutug. isa


 
Terdapat komentar untuk berita ini.
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan kometar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
Posting Komentar Anda :
Nama
Email
Komentar Anda  
Security Code
 
>>> Kembali

KOLOM
SBY Gagal Transfer Etika Politik?
Angelina Sondakh tersangka,  Partai Demokrat (PD) kembali riuh. Jajaran...
Lainnya
Heritage

Pasar Turi
Kartu pos ini memperlihatkan suasana di Pasar Turi setelah renovasi dari tahun 1920-an. Pada awalnya pasar dieksplotasikan oleh pengusaha...
Lainnya
Info Kurs
KURS JUAL BELI
USD 9,226.00 9,134.00
EUR 12,321.32 12,196.63
GBP 14,744.99 14,595.22
SGD 7,346.71 7,270.56
AUD 9,607.96 9,503.01
JPY 112.35 111.17
30 Mar 2012 11:41
Sumber : www.bi.go.id
Catatan Kecil
Sudah Sembuh, Nazar Tetap ‘Nyantai’ di RS
Lumayan ya zar! liburan seminggu lebih
BBM Naik, Produsen Tahu-Tempe Terpuruk
Alamat..gizi rakyat juga dikorbankan
22 Ribu Polisi dan TNI Hadang Demo BBM
Ada yang paranoid kursinya diminta rakyat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar