Halaman

Rabu, 04 April 2012

DIY Segera Bentuk Badan Promosi Pariwisata

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Hingga saat ini, DI Yogyakarta belum memiliki badan promosi pariwisata sendiri. Padahal, sebagai destinasi wisata utama kedua di Indonesia setelah Bali sudah sewajarnya Kota Budaya dan Pendidikan ini memilikinya.
Namun, tidak akan lama lagi Jogja akan memilikinya. Paling lambat pertengahan tahun 2012 ini, badan promosi pariwisata tingkat provinsi akan terbentuk.
Hal itu ditegaskan Kepala Dinas Pariwisata DI Yogyakarta, H Tazbir SH MHum menanggapi rencana pembentukan badan promosi pariwisata oleh pemerintah provinsi. Ia menargetkan mampu mebentuknya maksimal pertengahan tahun ini.
"Kebetulan saya yang ditunjuk koordinator pembentukan badan ini. Hingga saat ini masih terus berkoordinasi dengan sejumlah pihak demi kesuksesan rencana tersebut," ujarnya dalam pertemuan dengan pers di rumahnya, Minggu (1/4).
Ia menjelaskan, badan promosi pariwisata sangat penting bagi Jogja. Hal ini untuk lebih memperkuat lagi promosi wisata, sehingga akan lebih banyak lagi wisatawan datang ke Jogja.
"Selama ini promosi wisata banyak dilakukan Badan Promosi Pariwisata Kota Yogyakarta (BP2KY) dan badan promosi priwisata yang dibentuk Pemkab Sleman. Malu dong kalau justru provinsi tidak punya," katanya.
Apalagi, lanjutnya dibentuknya badan promosi pariwisata ini sudah menjadi amanah undang-undang. Setiap provinsi, kabupaten, dan kota diharuskan memiliki badan promosi pariwisata untuk meningkatkan geliat wisata di masing-masing daerah.
"Badan promosi nantinya akan diisi oleh berbagai elemen dan dikelola independen. Para pegiat pariwisata bisa bergabung dalam badan ini kecuali orang pemerintahan," paparnya.
Tazbir memang tengah bersemangat segera membentuk badan promosi itu. Pasalnya, tahun ini adalah momentumnya karena sudah tiga tahun berturut-turut (2009-2011) Jogja mendapat penghargaan Indonesia Tourism Award (ITA) dari Menteri Pariwisata sebagai provinsi terbaik dalam pengembangan pariwisata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar