Halaman

Rabu, 04 April 2012

Jalan Promosi Pariwisata Tidore Terkendala SDM

POTENSI pariwisata yang melihat dimiliki Tidore Kepulauan sangat besar, namun belum dimanfaatkan secara maksimal. Beberapa kendala disebut menjadi kerikil yang menutupi jalan promosi pulau indah ini.

Salah satu kendala mengembangkan promosi pariwisata Tidore Kepulauan adalah sumber daya manusia (SDM) dan dana. Hal tersebut diungkapkan Walikota Tidore Kepulauan, Achmad Mahifa, saat jumpa pers Festival Tidore 2012 di Museum Nasional, Jakarta, Kamis (22/3/2012).

“Sampai saat ini, SDM yang kami miliki belum mempunyai kompetensi dan profesionalitas tinggi,” katanya

Achmad mengungkapkan, SDM berkompeten dan profesional penting untuk menciptakan manajemen pariwisata secara baik. “Kemampuan SDM mengelola manajemen pariwisata secara baik memang menjadi kunci untuk memajukan sektor pariwisata,” tuturnya.

Achmad menjelaskan, pariwisata bisa menjadi alternatif sumber devisa negara yang sangat besar jika dikelola dengan baik. Salah satu caranya adalah mendorong pelatihan yang intens sehingga masyarakat Tidore mampu mengembangkan potensi pariwisata daerahnya secara mandiri.

"Kami terus berupaya mendidik masyarakat agar mumpuni secara hardskill maupun softskill. Festival Tidore 2012 diharapkan mampu mendorong bangkitnya kepariwisataan Tidore Kepulauan," harapnya.

Dia melanjutkan, untuk meningkatakan SDM di bidang pariwisata, pemerintah daerah Tidore Kepulauan menganggarkan dana sebesar Rp1 miliar.

“Dana tersebut akan dimanfaatkan untuk meningkatkan SDM pariwisata yang lebih profssional sehingga wisatawan yang datang dapat terlayani dengan maksimal, serta untuk mempromosikan pesona Pariwisata Tidore Kepulauan,” tutupnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar