Halaman

Rabu, 04 April 2012

Pariwisata - Kemenparekraf-Singapore Airlines Lakukan Promosi Bersama

JAKARTA– Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggandeng maskapai Singapore Airlines untuk melakukan kegiatan promosi bersama pariwisata Indonesia di pasar internasional.

Masing-masing pihak mengontribusikan dana sebesar USD250.000 untuk kegiatan tersebut. Menteri Pariwisata dan Ekonomi (Menparekraf) Mari Elka Pangestu mengatakan, kerja sama dengan Singapore Airlines diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia yang tahun ini ditargetkan mencapai 8 juta orang.

“Selama ini kunjungan wisman asal Singapura masih jadi nomor satu,disusul dari Malaysia,” ujarnya seusai menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan Singapore Airlines di Gedung Sapta Pesona, kantor Kemenparekraf, Jakarta,kemarin. Menurut Mari, peran maskapai penerbangan bagi pariwisata tidak sekedar memfasilitasi keterhubungan dan mengangkut wisatawan.

Lebih dari itu,jaringan global seperti yang dimiliki Singapore Airlines sangat potensial untuk menjaring wisatawan dari pasar yang lebih luas. Mari juga menegaskan pentingnya diversifikasi pasar sebagai salah satu strategi dalam mengantisipasi pelambatan ekonomi global. “Kami lihat pasar seperti India, China,Korea, dan Rusia merupakan pasar yang terus tumbuh. SingaporeAirlines dengan jaringannya yang mendunia bisa ambil bagian dalam upaya mendatangkan wisatawan dari pasar-pasar tersebut,termasuk ke Indonesia,”tuturnya.

Executive Vice President Commercial Singapore Airlines Mak Swee Wah mengatakan, jaringan gabungan Singapore Airlines dan Silk Air saat ini mencakup 96 destinasi di 37 negara. Di Indonesia kedua operator tersebut terbang ke 11 kota yakni Jakarta, Denpasar, Balikpapan, Bandung, Lombok, Manado, Medan, Palembang, Pekanbaru,Solo,dan Surabaya.

“Bali masih merupakan pasar terbesar.Tapi,kami melihat potensi destinasi lain seperti Lombok,Solo,danManadoyang terus tumbuh. Seiring tumbuhnya industri dan kapal pesiar di Indonesia,kami mungkin akan membuka destinasi baru ke kota-kota pelabuhan seperti Semarang,”ujarnya. Dalam kerja sama dengan Singapore Airlines yang berlaku tiga tahun ini, dukungan yang diberikan maskapai itu meliputi pemberian pemotongan biaya kargo dan pembebasan biaya kelebihan bagasi bagi kegiatan promosi pariwisata Indonesia di luar negeri.

Dukungan lainnya adalah kegiatan promosi seperti international travel trade fairs, educational and familiarization trip, misi dagang, promosi konsumen, dan aktivitas-aktivitas khusus lain seperti mem-berikan pelatihan untuk meningkatkan profesionalitas para personel agen perjalanan di Indonesia; memfasilitasi kegiatan familiarization trip bagi agen perjalanan dan media massa luar negeri untuk berkunjung ke Indonesia,serta menyebarluaskan informasi mengenai pariwisata Indonesia melalui kantor-kantor perwakilan Singapore Airlines di luar negeri. inda susanti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar