Halaman

Rabu, 04 April 2012

Singapore Airlines Bantu Promosikan Pariwisata Indonesia

JAKARTA, (PRLM).- Singapore Airlines dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia memperbarui nota kesepahaman (Memorandum of Understanding /MoU) untuk lebih memajukan industri pariwisata Indonesia, Selasa (20/3). Nota kesepahaman ini meneruskan kemitraan antara kedua pihak yang telah dimulai sejak tahun 2000 dan akan berlaku selama tiga tahun, terhitung sejak tanggal 1 April 2012 – 31 Maret 2015.
Sekretaris Jenderal Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wardiyatmo dan Executive Vice President Commercial Singapore Airlines, Mak Swee Wah, telah menandatangani nota kesepahaman tersebut sebagai wakil dari masing-masing pihak. Penandatanganan tersebut juga disaksikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dr. Sapta Nirwandar dan Duta Besar Singapura untuk Indonesia, H.E. Ashok Mirpuri di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Jakarta.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu mengatakan, ”Kami menyambut baik penandatangan kerja sama di bidang promosi pariwisata ini. Dengan jaringan global Singapore Airlines yang sangat luas, kami berharap kerja sama ini akan dapat lebih meningkatkan citra Indonesia ke mata dunia sebagai salah satu tujuan wisata terbaik dunia dan pada gilirannya akan meningkatkan jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia.”
“Kerja sama ini merupakan wujud komitmen jangka panjang kami untuk turut serta memajukan pariwisata di Indonesia sekaligus meningkatkan hubungan kerja sama antara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dengan Singapore Airlines. Jaringan gabungan antara Singapore Airlines dan SilkAir saat ini mencakup 96 destinasi di 37 negara, dan kami yakin bahwa staf marketing kami di negara-negara tersebut akan melakukan yang terbaik guna mempromosikan pariwisata Indonesia kepada masyarakat setempat,” kata Mak Swee Wah.
Melalui nota kesepahaman tersebut disepakati bahwa Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Singapore Airlines masing-masing akan memberikan kontribusi sebesar US$ 250.000 untuk kegiatan promosi bersama pariwisata Indonesia di pasar – pasar utama internasional.
Dukungan Singapore Airlines dalam kerja sama ini akan meliputi: memberikan pemotongan biaya kargo, pembebasan biaya kelebihan bagasi bagi kegiatan promosi pariwisata Indonesia di luar negeri; memberikan dukungan dalam kegiatan-kegiatan promosi seperti International travel trade fairs, educational and familiarization trip, misi dagang, promosi konsumen dan aktivitas-aktivitas khusus lain seperti memberikan pelatihan untuk meningkatkan profesionalitas para personel agen perjalanan di Indonesia; menfasilitasi kegiatan familiarization trip bagi agen perjalanan dan media massa luar negeri untuk berkunjung ke Indonesia serta menyebarluaskan informasi mengenai pariwisata Indonesia melalui kantor-kantor perwakilan Singapore Airlines di luar negeri.
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif antara lain akan mendukung aktivitas-aktivitas pengaturan kegiatan di dalam negeri (ground arrangement) bagi pelaksanaan program-program yang telah disepakati serta untuk biaya iklan dan promosi bersama (joint advertisement and promotion) di pasar-pasar utama di luar negeri. (Mun/A-147)***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar