Halaman

Rabu, 04 April 2012

Paviliun Indonesia di ITB Berlin 2012 Lebih Ramai

Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari Elka Pangestu mengungkapkan, pengunjung paviliun Indonesia di ajang pameran Internationale Tourismus Borse (ITB) Berlin 2012 tampak lebih ramai dibanding tahun-tahun sebelumnya. Mari berharap transaksi yang diperoleh para pelaku bisnis pariwisata Indonesia lebih besar dari tahun lalu, yang mencapai 1,7 triliun rupiah.
“Terkait dengan promosi bersama (joint promotion) pariwisata, kita minta pemerintah Jerman membantu Indonesia yang akan menjadi official partner country ITB Berlin 2013,” kata Mari, dalam wawancara jarak jauh di kantor Kementerian Parekraf, Jakarta, Jumat (9/3).
Mari mengatakan, Indonesia berkesempatan untuk berpromosi secara besar-besaran dalam event ITB-Berlin 2013. Untuk itu, Menteri Ekonomi dan Teknologi Jerman Phillip Rosler, yang membawahi bidang pariwisata, akan datang ke Jakarta untuk membicarakan kerja sama G to G (antar-pemerintah) bidang pariwisata dan ekonomi kreatif. Indonesia telah menjalin hubungan bilateral Indonesia-Jerman selama 60 tahun.

Menurut Marie, selain promosi bersama, kerja sama dalam bidang pariwisata dapat dilakukan dengan peningkatan sumber daya manusia (SDM) melalui pelatihan dan pemberian beasiswa. Dalam bidang ekonomi kreatif dapat dilakukan pembuatan film, design, dan arsitektur.

Menparekraf memimpin delegasi Indonesia berpartisipasi dalam bursa pariwisata dunia di ITB Berlin yang berlangsung 7 hingga 11 Maret 2012. Indonesia telah mengikuti acara iniuntuk ke-32 kalinya.
Delegasi Indonesia terdiri atas 60 industri pariwisata, di antaranya dari hotel dan biro perjalanan, serta sembilan dinas pariwisata, masing-masing Kabupaten Pegunungan Bintang, Kab. Jayapura, Kab. Sarmi, Pemda Jawa Tengah, Pemda Jawa Timur, Kabupaten Sleman, Pemda Prov. Bali dan Kab. Badung, dan Pemda DKI Jakarta. [WS]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar