Halaman

Rabu, 04 April 2012

pariwisata genjot ekonomi makasar

MAKASSAR, UPEKS--Tingginya kunjungan wisatawan di Makassar, juga mengenjot pertumbuhan ekonomi masyarakat, khususnya di sektor ekonomi kreatif.
 Sehingga dengan berbagai regulasi yang ada saat ini pemerintah melalui Dinas Pariwisata terus melakukan evaluasi.
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Makassar, Rusmayani Madjid, mengatakan, dengan tumbuhnya jumlah kunjungan wisatawan di Makassar, maka pelaku industri kreatif skala kecil juga memiliki peluang yang cukup besar untuk tumbuh. Tinggal memberikan akses, baik ke pengusaha yang lebih besar, hingga mendapatkan kredit dengan bunga ringan ke bank melalui mekanisme pinjaman program kemitraan (PK) yang dialokasikan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).
"Dengan adanya pinjaman dana dari bank usaha kreatif dapat menjadi magnet untuk wisatawan untuk masuk dan berkunjung ke Sulsel," jelasnya kepada Upeks di Makassar, baru-baru ini.
Sebelumnya, Direktur eksekutif Badan pengembangan promosi Pariwisata Makassar (BP3M), Nico B Pasaka mengatakan, saat ini 18 pengusaha besar dari luar yang bergerak dalam sektor pariwisata akan masuk ke Sulawesi selatan.
Sehingga semua infrastruktur untuk lining sektor pariwisata seperti penerbangan, jalan dan tempat penginapan serta usaha kreatif masyarakat harus dibenahi terlebih dahulu.
"Dari data yang ada saat ini, jumlah usaha kreatif atau UMKM di Makassar mencapai 40 persen," paparnya. ()

Tidak ada komentar:

Posting Komentar