Halaman

Rabu, 04 April 2012

menbudpar Laksanakan Capacity Building untuk Visit Aceh 2013

Banda Aceh -  Dalam rangka menyongsong Visit Aceh 2013, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh mengadakan serangkaian kegiatan Capacity Building untuk meningkatkan SDM kepariwisataan selama bulan Maret, April, dan Mei 2012. Pelatihan ini melibatkan 2090 peserta dari berbagai lapisan elemen masyarakat di seluruh Aceh yang meliputi; kelompok sadar wisata, tokoh masyarakat, penarik becak, da’i, pengusaha hotel/rumah makan/travel, pengrajin cenderamata, seniman, dan guru-guru SD, SMP, SMA.
Kegiatan ini melibatkan banyak narasumber kompeten dari Jakarta dan Aceh. Selain pelatihan manajemen kepariwisataan dan cenderamata, pelatihan tari Saman dan Not Balok (tangga nada0 juga diberikan kepada guru-guru sekolah, masyarakat, dan seniman se-Aceh.
Kegiatan Capacity Building ini merupakan strategi ‘tetesan minyak’ yang nantinya akan menghasilkan ‘alumni-alumni Capacity Building’ dari berbagai elemen masyarakat yang akan menularkan semangat kepariwisataan kepada seluruh lapisan masyarakat lainnya.
Melalui kegiatan ini, diharapkan Aceh sebagai tuan rumah Visit Aceh 2013 harus mampu memberikan pelayanan ekstra (service of excellent) kepada wisatawan yang datang ke Aceh.
“Prinsip Disbudpar Provinsi Aceh adalah bagaimana dengan jumlah dana yang minimal, mampu melibatkan banyak orang dari berbagai lapisan dan mampu menampung lebih banyak ide dan gagasan melalui rangkaian perlombaan dan rangkaian kegiatan Capacity Building demi suksesnya Visit Aceh 2013,” ucap Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Aceh, Prof. Dr. Jasman J Ma’ruf, SE, M. BA.
“Kita ingin membuka perspektif masyarakat tentang kepariwisataan, terutama sekali mengenai  pandangan Islam terhadap kepariwisataan dan bagaimana cara menghargai tamu,” lanjut Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Syiah Kuala ini.
Masih banyak lagi rangkaian kegiatan yang akan dilakukan dalam rangka menyambut Visit Aceh 2013 ini. Rangkaian kegiatan ini akan berdampak pada peningkatan jumlah wisatawan ke Aceh yang akhirnya bermuara pada peningkatan pertumbuhan eknonomi masyarakat sekitar dan menggeliatnya semangat Ekonomi Kreatif. (rel).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar