Halaman

Rabu, 04 April 2012

Ini Dia Strategi Solo Menang New7 Wonders Cities

KOTA Solo benar-benar menyusun strategi khusus untuk masuk dalam New7 Wonders Cities. Sejumlah pergelaran budaya telah disiapkan untuk menarik sebanyak mungkin wisatawan.

Untuk mewujudkan ambisi lolos di New7 wonders Cities, Wali Kota Solo Joko Widodo siap memasukkan agenda promosi New7Wonders (N7W) Cities ke dalam kalender pariwisata. Salah satunya dengan menggelar pementasan Sendratari Ramayana di Taman Balekambang Solo, Jawa Tengah.

Pementasan Sendratari Ramayana akan dilaksanakan setiap bulan pada bulan purnama dengan mengambil tempat dan latar belakang Taman Balekambang. “Diharapkan pementasan Sendratari Ramayana ini bisa menjadi branding Kota Solo sebagai kota seni budaya dan kota pariwisata, sebagai salah satu nominasi New7Wonders Cities,” kata Jokowi, panggilan akrabnya, kepada wartawan di Solo, Jawa Tengah, Rabu (4/4/2012).

Pementasan Sendratari Ramayana diharapkan bisa ditangkap oleh pemangku kebijakan, seperti dari Persatuan Hotel dan Restaurant Indonesia (PHRI), Association of the Indonesia Tours and Travel Agencies (ASITA), serta Badan Promosi Daerah untuk mempromosikan pertunjukan kesenian sehingga bisa menjadi satu agenda pariwisata baru di Kota Solo.

Nantinya, untuk menarik masyarakat datang, pementasan tidak dipungut biaya alias gratis. Sebaliknya, Pemerintah Kota Solo, Jawa Tengah, akan memberikan stimulan bagi grup seni yang pentas sebesar Rp5 juta.

Agenda seni untuk menggalang dukungan Kota Solo dalam ajang New7Wonders Cities berupa pergelaran sendratari, mulai Anoman Obong yang akan dibawakan oleh penari dari Wayang Orang Sriwedari, Dasamuka Gugur yang dibawakan oleh Sanggar Sangramabudaya serta siswa-siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) akan digelar setiap bulannya. Menurutnya, melalui ajang New7Wonders, Kota Solo bisa lebih dikenal di dunia.

“Maka, wisatawan tidak hanya tahu kalau pementasan Sendratari Ramayana hanya dipentaskan di Candi Prambanan dan Bali saja, tetapi juga di Solo,” tutupnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar